MotoGP Mandalika 2022/ Biro Pers Sekretariat Presiden
MotoGP Mandalika 2022/ Biro Pers Sekretariat Presiden
KOMENTAR

BERBAGAI cara dikerahkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Tanah Air. Mulai bergesernya kondisi ke arah endemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tak ingin membuang waktu agar pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif secepatnya bangkit dan melaju.

Salah satu strategi yang dijalankan Menparekraf adalah sport tourism alias pariwisata berbasis olahraga.

Kita tahu bahwa Indonesia telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah kegiatan olahraga berskala internasional.

Di antaranya yaitu Tour de Singkarak, lomba balap sepeda kelas dunia yang digelar sejak tahun 2009 di Sumatra Barat. Ada pula Bali Marathon yang dilaksanakan di Pulau Dewata sejak tahun 2012.

Dan tentunya, Indonesia telah sukses menggelar MotoGP Mandalika 2022 yang menghadirkan para pembalap kelas dunia ke Lombok.

"Tahun ini wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyak 7,4 juta. Jadi, salah satu strateginya adalah dengan menggelar event berkelas dunia, berskala internasional," demikian pernyataan Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Rabu (25/1/2023).

Satu event akbar olahraga yang akan digelar di Tanah Air dalam waktu dekat adalah F1 Powerboat atau F1 H20 World Series yang direncanakan berlangsung akhir Februari 2023 di Danau Toba, Sumatra Utara.

Dengan target menarik 25 ribu wisatawan (domestik maupun mancanegara), Sandiaga berharap kegiatan tersebut tak hanya sukses untuk promosi pariwisata Indonesia tapi juga dalam menggerakkan roda perekonomian di daerah tersebut.

Tak hanya F1 H20 World Series, Indonesia pun siap menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 yang tercatat memiliki delapan negara peserta dan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20.

Lalu di bulan Agustus mendatang, akan digelar ANOC World Beach Games di Bali dengan mengundang 205 negara peserta dari seluruh penjuru dunia. Event ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama di Pulau Bali.

Hingga saat ini, Kemenparekraf masih memperhitungkan dengan cermat untuk agar anggaran pelaksanaan event bertaraf internasional tersebut bisa dikeluarkan tepat sasaran dan tepat manfaat.

Lebih serius, Sandiaga berharap Indonesia mampu meningkatkan kualitas dan image-nya sebagai negara penyelenggara turnamen-turnamen berskala internasional. Tak bisa dipungkiri, tragedi Kanjuruhan yang hingga kini belum jelas penyelesaiannya secara hukum tentu menjadi catatan tersendiri bagi Indonesia di mata dunia.

Menparekraf memperkirakan jumlah wisatawan asing yang akan mengunjungi Indonesia untuk event olahraga berskala internasional adalah 100 hingga 120 ribu orang. Jumlah itu, menurutnya, tentu dapat bertambah sesuai banyaknya jumlah pertandingan yang digelar.

Dari industri pariwisata secara keseluruhan, devisa negara diperkirakan bakal mencapai 5,9 miliar USD. Adapun dari sport tourism, Sandiaga menargetkan bisa meraih hingga 500 juta USD.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News